Selamat Pagi Roma: 5 Tempat Menarik di Kala Pagi

Jika kita memiliki waktu sangat terbatas untuk berkunjung ke suatu kota. Ini rahasianya: bangunlah pagi, rasakan mentari hangat yang baru muncul dan datanglah ke tempat-tempat menarik di pagi hari. Niscaya, Anda akan semakin takjub melihat cahaya mentari pagi. Ketika kemarin mendapat kesempatan ke Roma, Italia. Sayapun menyempatkan waktu di pagi hari mengunjungi beberapa tempat yang luar biasa indah ketika pagi hari. Ini dia beberapa tempatnya:

  1. Basilika Santo Petrus

Bagi Anda yang ke Roma, sempatkan diri mengunjungi Basilika St. Petrus di pagi hari. Memang kita tidak akan bisa masuk ke dalam basilika ini namun pandanglah basilika dari lapangan basilika di depannya ketika pagi hari. Anda akan melihat kubah yang didesain oleh seniman Michaelangelo ini bagai mahkota bertahta emas dan berlian. Sungguh indah dan cantik. Dari kejauhan, mahkota ini sungguh luar biasa detail.

Basilika Santo Petrus tampak pagi hari dengan bulan yang masih terlihat.

Basilika Santo Petrus tampak pagi hari dengan bulan yang masih terlihat.

Cara menuju ke tempat ini di pagi hari: Naik Metro A (merah) dari stasiun Termini menuju ke arah Battistini, turun di Ottaviano. Dari stasiun Ottaviano, jalan kaki 7 menit ke arah Basilika Santo Petrus.

  1. Colloseum

Saya melarikan diri lagi kala pagi hari menuju Colloseum. Tempat ini menjadi salah satu ikon yang terkenal di kota Roma. Andapun wajib kesana, saya sarankan agar mendapatkan foto terbaik, Anda bisa memilih pagi hari atau malam hari. Di pagi hari, sinar matahari yang mulai bersinar di ufuk timur, akan menghempaskan cahayanya di tembok koloseum dengan begitu indahnya. Bagusnya lagi jika Anda berangkat pagi hari, Anda tidak terganggu dengan ribuan orang yang juga ingin berfoto di depan koloseum. Semua masih kosong, sepi dan tentu saja sejuk karena belum banyak mobil dan bus yang lalu lalang di depan koloseum.

Colloseum di Roma yang baru saja disinari mentari pagi. Tampak terlihat sepi karena belum ada pengunjungnya.

Colloseum di Roma yang baru saja disinari mentari pagi. Tampak terlihat sepi karena belum ada pengunjungnya.

Cara menuju ke tempat ini di pagi hari: Naik Metro B (biru) dari stasiun Termini menuju ke arah Laurentina, turun di Colloseo. Dari stasiun Colloseo, Anda akan langsung disambut dengan koloseum yang masih berdiri kokoh karena letak stasiunnya langsung di depan koloseum.

  1. Kastil St. Angelo & Jembatan St. Angelo

Letak kastil St. Angelo sebenarnya segaris lurus dengan Basilika Santo Petrus. Anda bisa berjalan kaki dari Basilika menuju langsung ke kastil ini. Mungkin jaraknya sekitar setengah kilometer. Kastil ini juga terlihat sangat indah di pagi hari. Jembatan St. Angelo yang berada tepat di depannya juga terlihat sangat cantik dipenuhi dengan patung-patung di samping-sampingnya. Anda bisa memotret Basilika Santo Petrus melalui jembatan ini.

Ini adalah jembatan St. Angelo dengan Kastilnya di belakang. Tampak indah, kokoh dan sepi.

Ini adalah jembatan St. Angelo dengan Kastilnya di belakang. Tampak indah, kokoh dan sepi.

Cara menuju ke tempat ini di pagi hari: Dari Basilika Santo Petrus berjalan ke via della Concilliazione langsung deh ketemu sama kastil ini.

  1. Basilika St. Maria Maggiore

Gereja ini merupakan salah satu basilika yang dipersembahkan untuk Santa Maria, Ibu Yesus. Dan merupakan gereja terbesar pertama yang digunakan untuk menghormati Santa Maria, serta menjadi basilika terbesar keempat di Roma. Arsitekturnya yang sangat detail, membuat pagi hari Anda terasa lebih menyenangkan berada di tempat ini, karena sinar mentari benar-benar membuatnya lebih terang, hidup dan bersinar. Tidak hanya dari hall belakang, Anda bisa memotretnya dari hall depan (di area piazza St. Maria Maggiore).

Basilika St. Maria Maggiore. Salah satu Basilika yang terbesar di Roma.

Basilika St. Maria Maggiore. Salah satu Basilika yang terbesar di Roma.

Patung di atas Basilika St. Maria Maggiore yang mulai disinari mentari pagi.

Patung di atas Basilika St. Maria Maggiore yang mulai disinari mentari pagi.

Cara menuju ke tempat ini di pagi hari: Dari Stasiun Termini menuju ke arah via Cavour. Anda akan menemukan Basilika ini dari sudut belakang.

  1. Monumento Nazionale a Vittorio Emanuele II / Monumen Nasional Vittoriano

Salah satu bangunan bersejarah yang letaknya dekat dengan colloseum adalah Monumen Nasional Vittoriano. Letaknya di Piazza Venezia. Bangunan yang dibuat untuk menghormati raja italia yang pertama Victor Emmanuel ini cukup tinggi, dengan total ketinggian mencapai 70 meter. Dengan model bangunan yang cukup tinggi itu, bangunan ini juga akan disinari mentari pagi dengan bagus. Di pagi hari, Anda harus menyempatkan diri ke sini, untuk melihat kemegahan bangunannya, tanpa dihalangi oleh pemandangan orang-orang yang menyemut ketika siang hari.

Bangunan yang selesai pada awal abad 19 ini sangat cantik ketika pagi hari.

Bangunan yang selesai pada awal abad 19 ini sangat cantik ketika pagi hari.

Cara menuju ke tempat ini di pagi hari: Dari Colloseum, berjalanlah kira-kira 300 meter menuju arah Piazza Venezia.

***

Lima tempat tersebut adalah tempat wajib yang harus dikunjungi ketika pagi hari. Anda akan menemukan pesona kecantikan bangunan-bangunan bersejarah di Roma dengan bantuan sinar matahari pagi yang menghangatkan. Tapi ingat, tentunya Anda hanya bisa menikmati ini ketika summer. Jika Anda sedang berlibur di musim dingin, lebih baik pukul 06.00 pagi Anda selimutan dan minum teh. Grazie!

Foto: dok. anwariksono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s