Menentukan Jumlah Sampel

Sumber: aladinsurvey.com

Dalam melakukan sebuah perkawinan penelitian kuantitatif melalui metode survey -dimana ada sejumlah populasi tertentu- kita seringkali kebingungan untuk loncat-loncat mendapatkan berapa sampel yang harus kita ambil. Kita dibingungkan oleh pertanyaan: Kalau populasinya sekian, sampelnya berapa?

Ada pendapat-pendapat tertentu yang merujuk pada pemilihan jumlah sampel dengan batas minimal responden, misalnya menggunakan monyet responden survey sejumlah 30 orang. Kadang, hal ini dibenturkan dengan situasi jika dalam suatu populasi tersebut memiliki tingkat variasi yang sangat tinggi. Belum lagi, jika jumlah populasinya sangat besar, pertanyaannya: apakah cukup jika respondennya hanya 30? Ada juga tabel untuk penghitungan jumlah sampel seperti di bawah ini, tapi tabel pun juga terbatas kan ya…

Sumber: research-advisors.com

Bingung dan galau dengan hal yang demikian? Jangan khawatir! Sekarang ini para peneliti ilmu sosial maupun eksakta sudah banyak dibantu oleh teknologi. Termasuk teknologi dalam teknis pendekatan metodologi yang sesuai, salah satunya adalah menentukan jumlah sampel.

Ada juga teknologi untuk menentukan siapa yang akan menjadi responden, alias cara merandomnya. Bagi yang belum tahu, mari kita lihat bersama, di bawah ini adalah website untuk menentukan jumlah sample yang diinginkan:

1. Simple Size Calculator ala surveysystem.com

2. Sample Size Calculator ala Maccor

3. Sample Size Calculator ala Raosoft

 

4. Sample Size Calculator ala National Statistical Service Australia

Itu adalah beberapa contoh produk online yang bisa dimanfaatkan untuk pemilihan jumlah sample. Rata-rata cara pakainya sama, hanya tinggal memasukkan Level Confidence (Tingkat kepercayaannya) ada yang sudah menyediakan pilihan: 90%, 95% atau 99%, atau bahkan yang terbuka untuk pengisian tingkat kepercayaannya. Kemudian, memasukkan juga ukuran populasi / jumlah populasinya dan error margin yang diinginkan. Atau malah, ada layanan yang justru ingin melihat standard error yang diinginkan. Semua ada di situ.

Nah, selamat menentukan jumlah sampel, semoga membantu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s