Mewarnai Hidup Dimulai dari Mewarnai Powerpoint

Salah satu pekerjaan yang saya lakukan sekarang masih berhubungan dengan presentasi. Nah, kalau presentasi di jaman yang amat sangat modern yang notabene menggunakan teknologi canggih ini (haiyaaah..), menggunakan sopwer powerpoint untuk mendukung presentasi bukan sebuah hal yang aneh dan langka… (yaeyalah… secara…).

Tapi sodara-sodara sebangsa & setanah air Indonesia Raya nan Jaya tanpa Repelita… (mulai lebay deh ini), kalau setiap bulan Anda sering presentasi ke klien (ceile… klien..) dengan materi yang berbeda-beda AKAN TETAPI tema powerpoint yang hanya itu-itu saja, Anda akan menjadi bosan, bukan??? (BUKAAAN!! – backsound berteriak serentak)…. Nah, saya seringkali ber-eksperimen untuk membuat background powerpoint yang menarik hati, menarik mata, dan menarik jodoh (ebuset… siapa tau jodoh Anda adalah peserta rapat yang mendengarkan presentasi kita). Tentunya dengan mengkawinkan PHOTOSHOP & POWERPOINT.

Caranya begindang ya booowww (tiba-tiba berubah bencong):

Pertama-tama, siapkan software PHOTOSHOP yang sudah matang, setengah matang juga boleh, kocok bersama tepung terigu (lo kira bikin kue lebaran????)

Kedua, gunakan photoshop untuk mendesain (yaelah… udah disebut di pertama)

Ketiga, desainlah… (gedubraaak!!!)

Catatan: dalam mempraktekkan dan mencontohkan, saya rela hanya menggunakan PHOTOSHOP 7.0. itupun juga bajakan. (beginilah nuansa komputer kantor ogut, kebayang kan ya????). Anda bisa menggunakan PHOTOSHOP versi di atasnya, atau di bawahnya. Asal jangan di kanan atau di kirinya. (kagak ada boow ya…)

 

Begini-begini.. ehem… ehem… (pake batuk-batuk dulu.. biar afdol):

di PHOTOSHOP-nya

1. Buka photoshop. Klik FILE > NEW .. ntar muncul kayak begono (liat gambar bawah ini). Lalu pilih ukuran: 1024 (Width) x 768 pixels. (Itu ukuran nyang paling tepat kalau dijadikan background powerpoint)

2. Silakan mendesain macem-macem untuk background halaman pertamanya. Tips dari saya: jangan banyak gambar di bagian tengah, karena akan dipakai untuk judul presentasi. Sisakan untuk tulisan.

3. Nah, desainnya sudah jadi. Ini ada contohnya (contoh desain slide bagian depan lho ya….)

4. Kalau sudah selesai. Klik FILE > Save as > Pilih kategori filenya JPEG. Lalu SAVE. Simpan di tempat sejuk. Dan jauhkan dari anak-anak serta panas matahari. (mulai ngaco…) Tips: simpan dalam satu folder file rencana powerpoint Anda. Biar gampang mencarinya.

Kemudian di POWERPOINT-nya

5. Buka POWERPOINT. Udah dibuka belum??? Ayo buka dulu!!! (maksa deh…)

6. Lalu di bagian slide yang kosong (di slide paling depan), kita klik KANAN. Kemudian pilih Format Background. Lalu dengan tak terduga, muncullah kotak berisi seperti di bawah ini. Nah, pada bagian tab Fill, pilihlah Picture or Texture Fill. Kemudian di bawahnya ada tulisan ‘Insert from;” lalu pilih FILE.

7. Carilah file JPEG yang sudah Anda buat di POWERPOINT. Nah. jadinya seperti ini.

8. Anda bisa membuat hal yang sama untuk slide – isinya. Misalnya seperti di bawah ini:

9. Gampang kan??? HAYO!!! GAMPANG NGGAA???? (todong pisau)

10. Contoh yang lain nih….:

Nah, adik-adik yang manis… Begitulah cara bikin presentasi yang lebih menarik dan sesuai dengan keinginan. Daripada donlot tema powerpoint, yang kadang tak sesuai keinginan. Dan apabila adik-adik mengalami kesulitan, bisa menghubungi Ayah Bunda-nya masing-masing. Sekian dan terima saran serta kripik (tempe).

5 thoughts on “Mewarnai Hidup Dimulai dari Mewarnai Powerpoint

  1. Hehehehe… Makasih cantik.
    Ini karena beli domain + pake WP yang bukan gratisan, jadi desainnya bisa diolah-olih sendiri. Aku juga baru belajar kok, memasukkan foto di gambar pojokan itu. Hehehe…

  2. ebuset… Ga harus pake bahasa pemrograman. Tenang aja. Pake bahasa tubuh saja. Ini aku juga pake themes yang gratisan kok. Hanya tinggal utak-atik dikit aja. Hehehe… Tenanglah, orang sekreatif dirimu juga pasti bisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s