Nikmati Pantai di Lampung Seharga 189 ribu

Saya kembali teracuni oleh keinginan untuk touring. Tanggal 15-17 Oktober yang lalu, saya mengadakan touring bersama dengan sobat saya, Pupung Arifin. Lantaran teman yang lain tidak bisa turut bergabung, maka hanya kami berdua yang berangkat. Sudah lama saya tidak mengendarai motor jarak jauh dan menikmati suasana touring sepeda motor.

Tidak main-main lho, saya dan Pupung memilih Paris-New York Kalianda-Lampung sebagai tujuan akhir touring kami. Itu artinya, dari Jakarta, kami harus menyeberang selat sunda, dan nantinya akan menginjakkan kaki di tanah Sumatera. Yaiyalah..secara….. Padahal, rencana ini baru dibom diluncurkan 3 hari menjelang SBY Jadi Presiden keberangkatan kami di hari Jumuwah Jumat malam itu. Sebenarnya, hari Sabtu pagi kami baru berangkat. Tapi karena sudah tak sabar ingin menikmati touring, akhirnya Jumat malam kami sudah memutuskan untuk berangkat. Persiapan sudah cukup matang, mulai dari peta, jadwal acara, kesiapan motor, uang saku dan berbagai bekal yang kami bawa. Tak lupa, kami membawa cukup pakaian untuk persiapan berenang di pantai seputaran Kalianda yang kabarnya cukup banyak kotoran indah.

Sekitar jam 9 malam (15/10), kami berangkat. Ya kami tahu, bahwa kami akan menempuh jarak 280 Km PP (tanpa dihitung jarak PP ketika berada di kapal). Jarak yang cukup jauh. (ah.. biasa aja…) Berarti, tiap orang bergantian mengendarai motor 140 Km. Ah, tak masalah bagi saya. Kalau niatan hati sudah menghantui, rasanya capekpun akan hilang dengan sendirinya…

Ya… dan tragedi bocor ban terjadi di daerah Cikupa, (gggrrrrrr……) beruntung semua dapat teratasi dengan baik. Kami membawa ban dalam cadangan. Meskipun sebenarnya ban luar juga sobek. Tapi kami masih dapat melanjutkan perjalan dengan baik.

Pukul 1 dini hari, kami sampai di pit top pertama, yakni rumah teman kami Oca di daerah Serang Barat. Beristirahat beberapa jam di sana. Pukul 5 pagi kami melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Burung Merak. Jam 6 pagi, kita sudah tiba dengan selamat di Pelabuhan Merak.

Akhirnya tiba juga di pelabuhan

Kapal tetangga yang lewat di sebelah

Mengintip dari lubang jendela kapal.

Mejeng di atas Kapal.. (Masih di Pelabuhan Merak)

Perjalanan ke Bakauheni kira-kira 1,5 jam. Cuaca saat itu cukup kentut mendukung. Tapi perasaan was-was masih menghantui (cuiih…), lantaran ban luar motor kami yang masih sobek & tetap digunakan. Sekitar pukul 9 pagi (16/10). Kami sudah tiba di Kalianda Lampung. Untunglah di sana masih ada bengkel AHASS yang buka. (Promosi HONDA) Kami menyempatkan untuk ganti ban luar terlebih dahulu, sebelum melanjutkan perjalanan touring wisata ke pantai. Dan pukul 11 siang, motor kami sudah beres. Siap melanjutkan perjalanan.

Dan tujuan pertama kami adalah Kalianda Resort Beach. Sebuah resort yang cukup menawan yang dikelola oleh Group Basoka Bakrie. Berikut adalah foto-foto kamar yang disediakan untuk para pelancong dan wisatawan yang hendak rekreasi ke Kalianda. Eh, kalau mau nginep di sini, per malamnya 2 jeti lho ya… (zzz…zzz…..zzz….)


Touring kami lanjutkan dengan memasuki Pantai-pantai sepanjang Kalianda: Pantat Sampeyan Pantai Sapenan , Pantai Tanjung Beo dan Pantai Merak Belantung. Berikut foto-fotonya.

Keindahan Pantai Sapenan dengan latar Gunung Rajabasa – Kalianda Lampung

Masih di Pantai Sapenan…

Sapenan lagi…

Pantai Tanjung Beo

Pantai Tanjung Beo

Pantai Merak Belantung (Pantai MB).. Sepi Banget kagak ada orangnya…

Serasa yang punya pantai…

Setelah berhasil menyambangi pantai-pantai seputaran Kalianda, kami memilih untuk beristirahat dan menginap di depan Indomaret Hotel. Kami memilih Hotel Kalianda, sebuah hotel di pusat kota Kecamatan Kalianda. Karena ini touring murah meriah, maka kami juga memilih hotel yang memang murah. 70 juta ribu rupiah semalam, dan kami sudah bisa menikmati sebuah kamar hotel yang ya… lumayanlah untuk bisa tidur di situ (mewek…). Toh hanya semalam…

Esok paginya, kami pulang kembali ke Turki Jakarta. Kami memutuskan untuk kembali pukul 5 pagi (17/10), supaya masih bisa menikmati kesegaran pagi hari Pelabuhan Bakauheni Lampung. Cuaca agak mendung, hujan rintik, tapi hanya sebentar. Pukul 7 pagi, kami sudah berangkat menyeberang menuju Burung Merak kembali. Dan sekitar jam setengah 10, kapal merapat di Pelabuhan Merak.

Kapal mulai meninggalkan Bakauheni.. Sampai jumpa lagi Lampung… *dadah dadah…

buritan kapal yang membawa saya kembali ke Merak

Masih di buritan kapal… Kayakny si bapak-bapak itu sedih meninggalkan keluarganya di Lampung

Perjalanan kami lanjutkan dan berhenti di rumah Oca di Serang, untuk makan siang & beristirahat sejenak. Jam setengah 1 siang, perjalanan menuju Jakarta kami selesaikan. Badan sudah capek tapi benar-benar menyenangkan. Sekitar jam 3 sore, akhirnya sampai lagi di rumah Jakarta dengan selamat dan bahagia tiada tara. Hahaha…. (lebay poooolll…..)

Bayangkan, dengan hanya uang 189 ribu/orang (sudah termasuk bensin, makan, hotel dan tempat wisata à tidak termasuk uang ban dan servis motor), kita bisa menikmati keindahan kalianda dengan sepeda motor.

Catatan untuk yang akan touring ke Kalianda Lampung jika berangkat dari Jakarta:

  1. Biar enak dan bisa menikmati pemandangan, usahakanlah sudah sampai di pelabuhan pada pagi hari. Supaya kita bisa menikmati kesejukan selat Sunda dan penumpangnya tidak terlalu ramai. Lebih enak sih menyeberang pakai sepeda motor hanya 28 ribu. Kalau dengan mobil, harus membawa banyak orang, biar tidak rugi. Hehehe…
  2. Jalan antara Bakauheni ke Kalianda sebenarnya tidak terlalu tajam/curam. Tetapi aspal jalanan ini yang membuat emosi. (gggrr….) Banyak jalan berlubang di sekitar sini. Dan ada jembatan yang sedang diperbaiki. Inilah yang membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Maklum, jalan ini juga dilewati truk dan bus ke Lampung.
  3. Tidak hanya Bakauheni-Kalianda yang jalanannya rusak. Jalan antara Tangerang ke Serang juga sama saja. Kayak kentut. Sama sekali tidak ramah untuk kendaraan roda dua. Kalau punya mobil sih enak, bisa langsung menuju merak melalui tol. Tapi kalau naik sedepa motor, buuuaaaahhh…parah abis jalannya. Siapkan helm yang kacanya terang, dan jangan lupa menggunakan masker yang menutup hidung hingga leher.
  4. Pesanlah hotel sebelumnya. Biasanya, sabtu-minggu banyak hotel di Kalianda yang dibakar penuh. Meskipun kota kecil, tapi wilayah ini cukup banyak dikunjungi wisatawan.
  5. Bawalah ban dalam cadangan untuk touring. Kejadian bocor ban yang terjadi di Cikupa jam 11 malam, cukup membantu kami yang saat itu memang membawa ban cadangan.
  6. Berdoalah sebelum dan setelah melakukan wisata touring sepeda motor. Semoga diberkati dan selamat sampai tujuan serta bisa kembali ke rumah dengan tidak kekurangan satu apapun, kecuali berkurang duitnya. Hehehe…

Selamat touring. Ada yang mau touring dengan saya?

Iklan

17 thoughts on “Nikmati Pantai di Lampung Seharga 189 ribu

  1. Sip – sip… Lain kali semoga bisa explore lebih jauh di lampung…hehehehe

    Wong Lampung yo??? hehehe… Boleh deh, kapan-kapan harus sampe ke Bandar Lampung dan Metro

  2. hahaha.. keren jg petualangannya… waktu masih muda dulu jg seneng touring pake motor, hanya yg membedakan biasanya sendirian karena gak ada temennya dan paling banter masih di seputaran pulau jawa tengah – jawa barat… 🙂 yg hebat dari touringmu adalah jalan di malam hari … aku gak berani jalan malam, jalanan aspal banyak lubang kadang gak keliatan dan sangat berbahaya, apalagi harus berhadapan dengan lampu tembak bis-bis malam.

    Hehehe… Iya, mas. Petualangan yang tidak bisa terlupakan kalau yang ini. Naik motor sebenarnya menyenangkan, tetapi juga harus menjaga kesehatan selama perjalanan. Lebih enak memang bareng-bareng sama teman-teman. Untuk jalan di malam hari, kayaknya emang harus hati-hati. Rencananya memang tidak jalan di malam hari, tapi di pagi hari. Tapi kalau sudah niat ya begini ini. Hehehe…

  3. eh..kalian reserved di hotel yang permalem 2 jeti itu kah?! hohohoho..
    mksih war..nice inpoh..masuk daftar ah buat next trip-Kalianda bekpek..;)

    Halah… ojo nganti omong tok lho. Hihihi… Aku sih nginep yang murah meriah saja. Mending nginep di tenda-tenda gitu. Kan asyik. Hihihihi…

  4. aiiih samaa..aku juga ke sanaaaa kemareeen..hahahaha.. tapi bukan ke pantainya, melainkaaaan ngerasain naik ferry nya hahaha..

    Kapan-kapan saya harus nyoba kapal ferry juga. Hehehe… Salam blogger.

  5. nginep d rumah ku aja mas 1jeti aja mas…murah..xixixi..

    Haduh, mending tidur di hotel deh.. hahaha.. cuman 70 ribu doank.

  6. Kalo Touring ke Pulau Bangka (Tanah Lahir saya) ngga akan sejauh itu Mas.
    Jakarta langsung ke Tj.Priok
    Naek kapal langsung ketemu Pangkalpinang (Ibu Kota Propinsi) langsung bebas jalan2 ke Pantai yang keren2

    heheh
    *promosi

    Wah, aku mau tuh ke sana. Tapi kan kalau naik kapal, bisa sampai 2 hari. Huhuhuhu… Capek di Jalan donk… Hehehe…

  7. Mantaf euy.,pngn neh bablas ke palembang.,tpi pombensin nya ada gak ya!mtor q cma jupi z,perut bensin nya cma 4 lter. tpi da sering d bwa touring..pling jauh cma smpe dieng,jogja,ujung genteng bayah anyer.,thanks info nya mas bro! z,perut bensin nya cma 4 lter. tpi da sering d bwa touring..pling jauh cma smpe dieng,jogja,ujung genteng bayah anyer.,thanks info nya mas bro!

  8. malam admin,, mau tanya,, kalo di pantai EMBE itu ada penginapan tidak?? yang murah2 gitu,, kisaran harganya berapaan ya kalo boleh tau?? rencana mau kesana backpackeran sama2 teman kuliah nginep semalam, atau ada penyewaan tenda mungkin atau bgmna ya kalo mau nginep disana??

    btw kalo yang hotel kalianda itu gan deket apa jauh dari pantai merak belantung??

  9. kalo dari jarak 1 pantai ke pantai2 lainya itu jauh gak ??kalo jalan kaki..

    sama kalo utk info warung2 makan murah disana banyak tidak admin??heheh

    maaf kalo banyak tanya , makasih banyak admin ya sebelumnya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s