Carilah Perangko Sebelum Hilang

Saya bukan seorang filatelis. Tapi di akhir Juni lalu, saya sedikit terpaksa harus mendatangi sebuah tempat Filateli Jakarta yang letaknya di Pasar Baru. Ini bukanlah museum filateli, hanyalah tempat berkumpul para filatelis. Saya kurang begitu paham apa fungsi gedung tua ini. Meskipun tua, warna cat yang baru membuat gedung ini tampak lebih bersih.

Niatnya bukan masuk ke gedung ini, tetapi mendatangi penjual perangko bekas yang ada di sebelah gedung ini. Saya menemui Babe… yang ada di sebelah kantor filateli ini. Saya masih punya tugas, membeli beberapa perangko lama, yang asli dikeluarkan oleh Pos Indonesia. Untuk saya? bukan… Ini untuk hadiah teman saya di Filipina. Kebetulan dia seorang filatelis.

Sudah lama saya dikejar-kejar untuk mengirimkan perangko-perangko asli Indonesia. Saya belum sempat membelinya. Inilah saat tepat memilih perangko-perangko asli yang sudah terpakai.

Ternyata, si Babe tak hanya menjual perangko bekas, tetapi juga form-form surat jaman dulu. Wah, pokoknya jadul abis deh kertas-kertasnya. Usai memilih perangko-perangko Indonesia, barang belian saya dimasukkan si Babe ke dalam sebuah amplop. Dan Oh My God, si amplop-pun jadul abis. Amplopnya bertuliskan DEWAN PENASEHAT GOLONGAN KARYA TINGKAT II JAKARTA PUSAT. Ya olooo… Golongan Karya? Jaman Soeharto banget kan… ck..ck..ck..

Saya bertanya, kok bisa si Babe punya koleksi yang banyak barang-barang surat menyurat? Ya ngga heran deh, si Babe ternyata dulunya adalah pegawai Pos yang sudah terbiasa dengan kegiatan pengiriman surat atau paket. Pantesan, koleksinya banyak amit. 1 lembar koleksi perangko, dia hargai 200 ribu. Ada juga Perangko edisi koleksi yang masih baru, dihargai 300 ribu…

Ingin beli perangko bekas? Ya… Silakan datang kemari… Dijamin puas

Credit photo: Koleksi pribadi Anwariksono

2 gagasan untuk “Carilah Perangko Sebelum Hilang

Tinggalkan Balasan

