Jangan coba-coba dengan dunia maya

ymSekarang, berkat munculnya media-media online dan jaringan yang amat sangat meluas, sangat mudah sekali menemukan seseorang. Situs jejaring Facebook, misalnya, adalah salah satu contoh web-situs yang memudahkan seseorang mencari rekanannya yang mungkin telah lama menghilang.

Namanya saja jaringan, pasti ada jejak yang tertangkap dari proses jaringan tersebut. Sehingga, setiap orang yang sebenarnya sudah berselancar di dunia maya, jejaknyapun pasti akan ketemu. Jejaknya tidak akan pernah hilang, walau kadang memang sulit untuk ditemukan si jejak itu. IP address sudah tertangkap jika masuk dalam sebuah situs. Waktunya, bahkan pada hitungan detikpun bisa tertangkap. Google misalnya, salah satu web yang menyediakan analisis seperti itu. (coba lihat di sini)

Maka, seruwet apapun nama e-mail Anda, untuk mengelabuhi orang, sebenarnya secara tidak langsung, Anda pun sudah terkeam jejaknya. Ketika pertama kali membuat e-mailpun, jejak itu sudah menapak, dan tidak pernah akan hilang. Jadi, jangan coba-coba untuk berbuat kejahatan di dunia maya. Semuanya akan terekam.

Berbicara masalah jejak di dunia maya, dalam tulisan ini, saya cuma ingin menyampaikan, bahwa alangkah mudahnya Anda -entah kenal saya ataupun tidak- cukup mudah untuk bisa menemukan saya di dunia maya. Saya punya blog pribadi, yang otomatis akan memudahkan orang untuk mendapatkan saya. Saya juga bergabung dengan Facebook dan Friendster. Yang kadang saya buka dan update info dari situ.

Selain itu, saya juga punya e-mail account di berbagai tempat, yakni yahoo, google, dan hotmail. Sayapun juga tak mau ketinggalan dengan menggunakan fasilitas software untuk chating, seperti Y!M, MSN (Hotmail), Googletalk, SKYPE.

skypeDi handphone, kadang saya menggunakan Morange, Mxit, Nimbuzz, dan ebuddy. Tentunya, jejak sayapun akan terlihat dimana-mana. Coba saja search di google dengan nama Anwar Riksono. Alhasil, yang muncul adalah facebook, blog, tulisan-tulisan saya, bahkan saat saya masih bekerja di GATRA, juga tak ketinggalan ratusan komentar saya di berbagai blog yang saya sambangi.

AJAIB!! Saya bisa terkenal di Google. Google telah mencatat saya dan semua perjalanan saya. Saya terekam. Dan saya terlihat aktif terus. Andapun juga demikian.

Saya juga cuma ingin menyampaikan, jika pada suatu masa nanti, semua akses dunia maya saya tidak aktif lagi, misalnya, Y!M saya tidak aktif dalam jangka waktu lama, facebook sudah tidak aktif, SKYPE tidak pernah online. Berarti memang saya sudah undur dari dunia maya. Atau bisa juga berarti, saya dipanggil yang Kuasa. hahahaha…

Keterangan

gambar di atas adalah gambar SKYPE dan YM yang saya gunakan…

3 thoughts on “Jangan coba-coba dengan dunia maya

  1. Wow saya malah berharap menemukan jejak teman teman lama di dunia maya , ke mana mereka sejak lulus sekolah apakah orang2 yg pernah kenal dekat dengan saya telah tiada .
    Di satu sisi , benar jaga sikap perlu juga di dunia maya , sangat menghibur .

Tinggalkan Balasan

