Budaya SMS kita…

smsShort Message Services alias SMS, sungguh bisa membuat rusak suasana komunikasi dalam dunia nyata atau real. SMS itu adalah komunikasi maya, unreal. Dia berkomunikasi tanpa adanya kehadiran secara fisik. Itu hanyalah semacam kumpulan tanda yang dikirimkan melalui sebuah benda yang dinamakan Handphone… Dan ini beberapa kejadian yang pernah aku alami dalam budaya SMS. Menurutku, ini benar-benar merusak komunikasi yang nyata.

1. Waktu saya sedang diperkenalkan dengan seseorang oleh teman dalam sebuah acara, saya merasa tidak dianggap. Setelah berjabat tangan, saya bertanya, rumahnya dimana. Tiba-tiba HP si orang yang saja ajak kenalan itu berbunyi. Dia mendapatkan SMS. tanpa permisi atau apa, dia tiba-tiba hanya memencet tombol-tombol di HP itu dan menjawab SMS, tanpa mempedulikan pertanyan saya apalagi menjawab saya. Sesuatu yang unreal dinilai lebih penting. Kehadiran fisik dan tatap muka jadi sesuatu yang tidak berharga di mata manusia.

2. Waktu saya sedang ikut sebuah rapat di dalam sebuah kantor. Secara beruntun, bunyi SMS dari setiap pemegang HP saling bersahut-sahutan. Ada yang nada panggilnya intro lagu Samsons, Ada yang cuma pakai suara tulalit-tulalit. Bahkan, 5 kali bunyi-bunyian itu bertubi-tubi datang di 5 HP yang berbeda. Semua gara-gara datangnya SMS. Dan rapatpun harus teralihkan dengan mengomentari bunyi-bunyian SMS datang yang seharusnya tidak penting untuk diperhatikan. Orang tidak peduli lagi dimana dia berada dan sedang apa dia di sekitarnya. Mengapa tidak di-silent?

Masihkah kita terlalu didominasi komunikasi yang unreal sehingga yang nyata dan hadir secara fisik menjadi terlewatkan dalam diri kita. Inilah yang akhirnya membuat manusia menjadi semakin egois dan individualis.

Iklan

2 thoughts on “Budaya SMS kita…

  1. Bener banget…
    q juga banyak mengalami hal tu…
    rasanya sebel banget saat hal unreal dianggap lebih penting daripada kenyataan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s