fakta tentang Anwar Riksono

4 Fakta inilah yang berhubungan dengan nama Anwar Riksono:

  1. Anwar Riksono. Gabungan dari dua nama, Anik dan Warsono (kedua kakak saya yang akhirnya menikah. Waktu pemberian nama itu, mereka berdua masih pacaran, dan berusia 14 tahun). Nama yang mereka berikan bukan Anwar Riksono, tetapi Anwariksono (yang akhirnya saya pakai dalam menamai blog saya). Tetapi waktu itu, si pembuat Akta Kelahiran ngantuk. Kalau saat itu, saya tau si pengetik Akta Kelahiran saya, saya akan tendang karena keliru membuat nama saya, hingga yang saya pakai sekarang ini, Anwar Riksono.
  2. Anwar Riksono, terlahir ‘kebetulan’ katholik, dengan nama baptis Robertus. Tapi nama ‘Robertus’ tidak masuk dalam Akta Kelahiran. Sehingga, meski mendaftarkan sekolah dengan nama awal Robertus, nama itu tak pernah dipakai dalam pembuatan NIS (Nomor Induk Siswa) atau NIM (Nomor Induk Mahasiswa). Nama Anwar Riksono selalu diurutan awal dalam berbagai urutan, setelah Aan, Abdi, Aca, Ade, Aera, Afgan, Agata, Ahmad, Aini, Aji, Aki, Aloy, Amin, dan Anwar Riksono
  3. Anwar Riksono, terlahir sebagai katholik, tapi kadang diakui sebagai muslim. Saya tidak tahu, mengapa banyak orang yang baru kenal dengan saya, mengira saya muslim. Katanya, nama Anwar memang identik dengan muslim. Apa hubungannya? Apakah karena ada Anwar Ibrahim dan Anwar Sadat. Nama memang memenjarakan seseorang dalam komunitas tertentu. Saya tidak marah, hanya aneh saja. Ada yang pernah ngajak sholat. Ada yang pernah ga ngajak saya ke gereja, karena dikira muslim. Aneh memang. Nama identik komunitas tertentu.
  4. Anwar Riksono, meski namanya dinilai muslim, tapi dari TK sampai dengan Kuliah, selalu duduk di bangku sekolah di lingkup pendidikan Katholik. TK dan SD Yayasan Marsudirini (susteran Ordo Santo Fransiskus), SMP di Yayasan Winaya Bhakti (susteran Ordo Santa Ursula), SMA di Yayasan Pangudi Luhur (Bruderan FIC), Kuliah di Atma Jaya Yogyakarta. Bahkan saya lahir di Rumah Sakit Katholik Brayat Minulya (Susteran Ordo Santo Fransiskus), tapi, pengalaman itu tidak membuat saya berpikir picik sebagai katholik dan sangat menghargai orang yang non katholik.

Begitulah nama Anwar Riksono. sebel karena salah… tapi juga bangga…

5 thoughts on “fakta tentang Anwar Riksono

  1. Woa… begitu ya sejarahnya… Mantap bo..
    Tapi ya itu.. Anwar Riksono yang sekarang ada karena Anwar Riksono.. bukan Anwariksono…
    Fyuh.. klo jadi yang kedua, panggilannya apa tetep war.. anwar… ?? hehehehe
    Ato malah nooo.. ono… hahahahaha..

    Temenku jg ada yang salah ketik gitu tu..
    Wisnu jadi Wisjnu..
    Pengetik akta kelahiran emang perlu di psikotest dulu biar bisa dapet kerjaan itu.. Di test di bagian keajegan kerja… šŸ˜›

  2. hahaha.. ternyata kowe ki angkatan 11.. yaya.. ingatlah saya kalo liat foto2 di atas..

    dinikmati aja.. namaku juga salah ketik kok.. Harusnya Adi Yuniarto, jd Adiyuniarto.. tp ada untung dan ruginya..

    untungnya.. namaku kalo disingkat malah jadi keren.. inisial YA.. coba aja pake nama yang diminta bapak-ibu.. kan jadi YAY.. aneh yo?

    ruginya.. kalo setiap bikin KTP ato Kartu Keluarga.. Pasti jadi salah ketik.. malah ditulis yang inisial YAY.. Dasar pegawai negeri indonesia ora katam ngetik..

    wakakakakak…

  3. hahaha….anwar..anwar…walo bagaimanapun namamu yang sekaranglah yang terukir di hati teman2 mu…hihihihi

    war..ajarin nulis neng blog mbok an….aku ki jan ra dong je…meh nulis opo…jan bodo tenan ki…

  4. Ping-balik: Hiiiii……it’s me…!!!!!!! « Betcoymoetz’s Blog

  5. Ping-balik: Yang buruk bukan cerminnya, tetapi orangnya « Anwariksono on Wordpress

Tinggalkan Balasan

