Mooncake Kadaluwarsa… tetep enak kok!!!

Saya ingin sedikit cerita tentang sebuah kejelekan orang Indonesia saat makan. Suatu ketika, saya mendapatkan sepaket mooncake (roti bulan) asli dari Taiwan. Monica, teman saya dari Taiwan mengirimkan langsung ke kos-kosan di Jogja. Memang, di Indonesiapun sebenarnya banyak kalau mau mencari, apalagi saat mooncake festival. Tapi saya memang bener-bener pengen dapet yang asli dari Taiwan. Eh, kebetulan, temen saya yang satu itu memang baik banget. Dikirimlah sekotak Mooncake ke indonesia.

Nah, si Monica ini mengirimkan tanggal 1 Oktober 2007 dari Taiwan. Monica juga mengirimkan sepaket Mooncake ke Temenku di Jepang juga. Nah, yang di Jepang, sudah sampai tanggal 5 Oktober 2007, sedangkan yang ke Indonesia, baru sampai tanggal 10 Oktober 2007. Itupun saya harus ngambil di sebuah kantor Pos yang berada di Ring Road Utara Jogja, sangat jauh dari rumah saya di Janti, Jogja. Saya sempet sebel dan jengkel dengan lama dan lambatnya paket tersebut hingga ke tangan saya.

Saya melihat tanggal kadaluwarsanya. Dan betapa kaget saya ketika melihat bahwa kadaluwarsanya sudah 9 Oktober. Saya terlambat 1 hari, karena hari itu sudah tanggal 10 Oktober. Akhirnya, tidak saya makan di Jogja. Saya bawa pulang ke rumah. Sampai rumah, saya dan keluarga tidak berani makan. Dan kalau mau dibuang rasanya sayang karena dikirim dari jauh…Tapi…. Dasar kakak saya orang yang aneh bin sok tahu… Dia melihat bentuk, warna dan bau si mooncake itu. Tiba-tiba.. mak..lep… langsung dilahapnya… Dikatakanya dengan santai “wah.. gapapa.. masih kelihatan segar kok.. ”

Kami semua tertawa.. dan penasaran untuk mencoba juga… (kakak saya seorang bidan dan tahu seluk beluk kesehatan).. jadi saya juga percaya-percaya saja.. Tiba-tiba.. dalam waktu tidak lebih dari 20 menit.. habislah semua mooncake itu… hahaha… Dasar.. Inilah orang Indonesia. Meskipun kadaluwarsa, yang penting masih enak di mulut. Tapi toh, satu keluarga yang makan, semua tidak sakit kok. hahaha. Untuk Mooncake taiwan saya kasih:
Poin : 7 bintang untuk Mooncake asli taiwan (range 1-10)
Coba kalau tidak kadaluwarsa, pasti saya kasih poin 10. Sayang, mooncake yang saya nilai adalah mooncake basi. Tapi meskipun kadaluwarsa, rasa telur asin di dalamnya masih sangat enak. Mooncake yang asli memang isinya telur asin. Tapi kiriman teman saya itu, mooncakenya bermacam-macam rasa, bahkan ada rasa melon, pisang dan strawbery… hum… yummy deh…

One thought on “Mooncake Kadaluwarsa… tetep enak kok!!!

  1. Hi..
    Saya dulu juga pernah tinggal di Taiwan selama 2 tahun lebih dan saya cukup suka ama Moon Cake Taiwan. Ketika saya balik ke Indo (th 2000) saya bekerja di toko Roti yang ada join dengan orang Taiwan, saya masuk sebagai penerjemah bos Taiwan saya itu…. Jadi sampai sekarang saya udah hampir 8 tahun menggeluti selak beluk pembuatan roti, bolu dan juga Moon Cake Taiwan di Jkt. Tetapi sekarang saya sudah resign (31 Agt 08).
    Untuk tanggal expired date yang ditempel itu biasanya kalo sudah lewat artinya bukan berarti sudah tidak dapat dimakan, tetapi jika ingin dimakan mesti hati-hati atau diperiksa sebelumnya, apakah warna atau bau atau rasa ada berubah. Sedangkan bila sbl expired date itu artinya barang produksi dijamin masih dapat dimakan dan bila ada masalah maka toko yang mengeluarkan bersedia bertanggung jawab.
    Dan untuk Moon Cake Taiwan, jika ingin tidak usah repot2 karena sekarang ini di Jkt banyak toko bakery yang sudah ala Taiwan. Di tempat saya bekerja dahulu, walaupun pembuatannya tetap di pabrik di Jkt tetapi untuk isi dan resep serta baker nya adalah asli orang Taiwan…
    So untuk selanjutnya anda dapat berburu Moon Cake Taiwan di Jkt….
    Bye !!

Tinggalkan Balasan

