Wuih… Makan di Puket, Serasa di Thailand…

Salah satu tempat makan di Jogja yang aku suka adalah Puket. Sebuah tempat makan di Jalan Wahidin Sudiro Husodo. Kalau tidak tau itu dimana, pokoknya di perempatan Galeria lurus saja ke selatan. Nah, setelah ketemu perempatan UKDW, lihat sebelah kanan (kalau dari utara), agak maju ke depan 20 meter. Di situ akan ditemukan sebuah rumah makan kecil tapi bersih. Dan kebanyakan yang makan di situ adalah warga negara asing (bule..bule..) kalo ngga’ biasanya orang-orang hindia dan orang asing dari asia timur.
Ngga heran kalo yang datang adalah bule-bule. Soalnya, warung makan Puket adalah sebuah warung yang menyediakan berbagai macam makanan dari Thailand.

Nama Puket, adalah nama sebuah tempat di Thailand, yang pada tahun 2004 yang lalu juga terkena imbas dampak Tsunami. Bahkan banyak warga asing di tempat itu yang menjadi korban. Jujur, aku ngga ngerti apa yang disebut Puket. Tapi yang jelas, harga makanan di sana ngga terlalu mahal. sekitar 4000 hingga 30 ribuan. Daftar menunyapun juga ditulis dalam tiga bahas: bahasa indonesia, bahasa inggris dan bahasa thailand dengan gaya tulisannya yang melengkung-lengkung itu.

Pertama kali ke situ, aku diajak sama temenku, namanya Shasa. Habis pulang dari gereja kotabaru, diajakalah aku makan di situ. dan ternyata memang nuansa Thailand cukup kentara. Beberapa foto yang berkaitan dengan Thailand terpajang di situ. Terpasang juga bendera Thailand.

Pertama, jika pengen makan di sana, anda harus pesen yang namanya Roti Naan. Roti khas thailand, (katanya). Dimakan pake saus sambal… huh.. uenak bener. Kalo cewek, biasanya satu porsi sudah sangat kenyang. dan harganyapun terjangkau, hanya 4 ribu rupiah. Tapi kalau cowok, apalagi yang doyan makan, jelas saja satu porsi tidak pernah cukup. Kalau ini, namanya si perut karet… Nah, kalau ke sana, silakan coba itu.

Selain itu, ada beberapa makanan yang harus dicoba, antara lain: Teh Malaysia (kayaknya namanya ini…) lalu ada ayam goreng yang sambelnya wuih.. asia banget.. dan ngga akan bisa ditemui di tempat lain. Sambelnya mantep dah. Rasanya bukan seperti rasa sambel indonesia. Sambel thailand asli… Sambelnya itu kayak ada aroma-aroma harum.. Saya ngga berani nanya, yang jelas rasanya tidak tergantikan.. Hahaha.. Ini ada beberapa foto yang diupload. salah satunya, ada Kwe tiau Basah. Dan salah satu yang unik adalah, tauge rebus yang turut dimasak dan menambah renyah Kwe tiau-nya. wah enak deh….Tapi saya pernah nyobain ayam bakar yang diolesi sambal thailand gitu…. nah jangan sekali-kali nyobain kalau memang tidak suka pedes. Nah, karena saya tidak suka pedes, maka saya tidak jadi makan. Karena memang pedesnya mantap tenan… nah, pokoknya, Anda harus mencobanya. Kalau yang ini, saya kasih:

Poin : 9 Bintang untuk Puket Thailand Jogja (Range 1-10)

SELAMAT MENCOBA!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s