Isu Jarum ber-HIV dalam Bioskop

copy-of-sl270641.jpg

copy-of-sl270641.jpgDalam seminar tentang HIV/AIDS yang diadakan oleh FISIP UAJY dengan menghadirkan pembicara Mrs. Reeta Sonawat, Phd. (Doktor dari Women University India) dan Novan dari PKBI yogyakarta, saya sempat menanyakan tentang beredarnya berita di masyarakat yang menyebutkan bahwa terdapat orang yang iseng memberikan jarum ber-HIV yang ditancapkan di kursi dalam gedung bioskop sehingga orang yang terkena jarum bervirus itu bisa tertular HIV/AIDS. Saya tanyakan apakah itu benar atau hanya isu? dan jawabannya adalah itu hanya isu belaka, yang semakin membuat kaum yang terkena HIV/AIDS semakin terpojokkan. Hingga detik ini dan selama menangani kasus-kasus masyarakat Jogja yang terkena HIV/AIDS, PKBI Jogjakarta belum pernah mendapati kasus HIV/AIDS lantaran terkena jarum yang sudah terkontaminasi virus tersebut. Entah itu di bioskop, di jalan-jalan padat, maupun di taman-taman kota. Meski demikian, pernah ada kasus tentang kecelakaan kerja (di bidang medis) yang membuat orang tertancap jarum yang terinfeksi virus HIV/AIDS dan itupun hanya 2 orang. Kalau memang terjadi benar, alangkah mengerikannya situasi dunia ini nanti. Berapa juta orang lagi yang akan terkena virus tersebut. Kalau begitu, tidak perlu takut untuk datang ke tempat keramaian. Siapa tau dengan beredarnya isu tersebut jadi pobia datang ke bioskop dan ke tempat-tempat yang ramai. Jadi, tidak ada alasan yang tepat untuk mengalami pobia tersebut. Yang penting adalah penghargaan terhadap orang yang positif terkena HIV/AIDS bukan sebaliknya. Kita perlu menyebarkan berita ini!!!

One thought on “Isu Jarum ber-HIV dalam Bioskop

  1. benarkah hanya isu?

    saya sampai sekarang masih parno dengan kejadian kemarin.

    saya sedang nonton di 21 lalu saya meng-elap elap tangan saya yang minyakan karena popcorn ke jok kursi. tiba tiba tangan saya sakit dan setelah dilihat, ada robekan kecil di tangan saya seperti sebuah ‘papercut’.

    saya takut, mungkinkah itu adalah jarum HIV tersebut.

    semoga saja hanya isu, tapi tetap saja, sepertinya saya akan tes darah bulan depan.

Tinggalkan Balasan

